BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Belajar adalah suatu proses yang
menimbulkan terjadinya suatu perubahan atau pembaharuan dalam tingkah laku.
Sampai dimana perubahan itu dapat dicapai atau dengan kata lain belajar dapat
berhasil dengan baik atau tidak tergantung kepada bermacam-macam faktor. (Ruswanto 1991 : 102). Adapun faktor yang mempengaruhi
belajar itu dapat dibedakan menjadi dua golongan :
- Faktor yang berada pada diri orgasme yang disebut dengan faktor Individual.
Yang
termasuk kedalam faktor individual tersebut antara lain : faktor kematangan/pertumbuhan,
kecerdasan, latihan, motivasi dan faktor pribadi.
- Faktor yang berasal dari luar individu yang disebut dengan faktor Sosial.
Yang
termasuk dalam faktor sosial adalah : keadaan kelurga/rumah tangga, guru,
metoda mengajarnya, alat-alat yang digunakan dalam mengajar, lingkungan,
kesempatan yang tersedia, dan motivasi sosial.
Untuk
mencapai hasil belajar yang baik, diperlukan danya sikap yang baik dari
individu sebagaimana tiga prinsip/hukum
dalam belajar. (Thorndike melalui Nana Saodih 2003 hal.169). Adapun tiga
prinsip/hukum dalam belajar tersebut antara lain :
- Belajar akan sukses bila peserta didik siap (law of readiness)
- Belajar akan sukses bila banyak diulang (law of exercise)
- Belajar akan sukses bila peserta didik tahu dan mendapatkan hasil yang baik (law of effect)
Bidang
studi TIK adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di SMU PERTIWI I AIR
TAWAR BARAT. Sebagai salah satu bidang yang menuntut adanya aplikasi sebagai
hasil/kompetensi dasar yang diharapkan pada Kurikulum 2004, perlu adanya suatu
usaha dan kesadaran siswa untuk terus berlatih dan mengulang dalam
mengaplikasikan komputer, mengingat waktu yang tersedia dalam proses
pembelajaran hanya dua jam pelajaran.
Bertolak
dari fakta diatas maka penulis tertarik melakukan penelitian ini, untuk melihat
sejauh mana sikap belajar siswa dalam mencapai prestasi belajar pada bidang
studi TIK.
B. Rumusan
Masalah
Belajar merupakan suatu proses perubahan yang membutuhkan
usaha yang komplek dan melibatkan banyak aspek, baik aspek individu,
lingkungan, sarana dan prasarana belajar. Hasil dari proses belajar dalam sitim
sekolah disebut dengan hasil belajar. Untuk menghasilkan kualitas hasil belajar
yang optimal, perlu diketahui sejauh mana sikap siswa dalam mencapai prestasi
belajar baik disekolah maupun diluar sekolah.
Mengingat banyaknya aspek yang
mempengaruhi hasil belajar siswa, diantaranya : minat belajar, motivasi
belajar, konsep diri, sarana dan prasarana, intelegensi. Maka dalam hal ini
untuk meneliti aspek-aspek tersebut secara keseluruhan merupakan hal yang tidak
mungkin penulis lakukan saat ini mengingat waktu yang tersedia sangat terbatas.
Oleh karena itu penelitian ini dibatasi pada masalah sikap siswa terhadap
pencapaian prestasi belajar pada bidang studi TIK.
Berdasarkan latar belakang dan
pembatasan masalah diatas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
sejauh mana sikap siswa dalam mencapai prestasi belajar pada bidang studi TIK
di SMU PERTIWI I Air Tawar Barat.
C. Pertanyaan
Penelitian
Pertanyaan
penelitian dala penelitian ini dapat dilihat sebagai berikut :
Tabel 1 : Pertanyaan Penelitian
No
|
Pertanyaan
Penelitian
|
Selalu
|
Sering
|
Jarang
|
Tidak pernah
|
||||
f
|
%
|
f
|
%
|
f
|
%
|
f
|
%
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
8
|
10
|
|
Sikap dalam
PBM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Kehadiran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Memperhatikan
saat Guru menerangkan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Bertanya pada
Guru
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Menaggapi
pertanyaan teman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Berdiskusi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Mengerjakan
latihan/tugas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sikap diluar
PBM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Mengikuti
kursus komputer
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Membeli/berlangganan
majalah komputer
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Meminjam buku
di perputakaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Memenfaatkan
internet
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Mengulang
pelajaran dirumah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Belajar
kelompok dengan teman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D. Tujuan
Penelitian
Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana sikap siswa dalam
mencapai prestasi belajar pada bidang studi TIK di SMU PERTIWI I Air Tawar
Barat, baik didalam proses belajar mengajar maupun diluar sekolah.
E. Manfaat
Penelitian
Hasil
dari penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi berbagai pihak sebagai
masukan untuk dikaji kebenarannya dan dapat dipakai sebagai bahan masukan bagi
penelitian yang terkait diantaranya :
1. Bagi peneliti sendiri berguna asebagai pedoman dalam
membimbing peserta didik nantinya.
2. Bahan masukan bagi guru bidang studi TIK agar dapat
menumbuhkan dan mengembangkan minat siswa pada TIK
3. Informasi bagi sekolah tentang pentingnya faktor sikap
pada bidang studi TIK terhadap pencapaian hasil belajar TIK
BAB II
KAJIAN TEORI
A. Hasil
Belajar
Prestasi belajar ditandai dengan adanya hasil belajar
sebagai hasil pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungan. Belajar
merupakan suatu usaha yang komplek yang dilakukan individu untuk mencapai suatu
perubahan seperti yang dinyatakan Slameto (1991 : hal.2) :
”Belajar
ialah suatu proses yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan
tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalaman individu itu
sendiri dalam interaksi dengan lingkungan.”
Perubahan
yang terjadi dalam diri seseorang banyak sekali baik sifat maupun jenisnya
karena itu sudah tentu setiap perubahan dalam diri seseorang merupakan
perubanahan dalam arti belajar, jika demikian ciri-ciri perubahan tingkah laku
dsalam pengertian belajar adalah :
a.
Perubahan
terjadi secara sadar
b.
Perubahan
dalam belajar bersifat kontinu dan fungsional
c.
Perubahan
dalam belajar bersifat positif dan aktif
d.
Perubahan
dalam belajar bukan bersifat sementara
e.
Perubahan
dalam belajar bertujuan atau terarah
f.
Perubahan
mencakup seluruh aspek tingkah laku
Dari
pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa belajar merupakan proses yang
menyebabkan terjadinya perubahan tingkah laku yang bersifat tetap pada individu
yang melakukan, perubahan tingkah laku ini dikemukakan oleh Oemar Hamalik (1983
: hal.21)
bahwa :
’Hasil belajar
adalah tingkah laku yang timbul dari tidak tahu menjadi tahu, timbulnya
pengertian baru, perubahan dalam sikap dan kebiasaan, keterampilan, menghargai
perkembangan sifat-sifat sosial, emosional dan pertumbuhan jasmani”
B. Sikap
Bimo
Walgito (1978) menyatakan bahwa sikap ialah :
”Organisasi
pendapat, keyakinan seseorang mengenai objek atau situasi yang relatif ajeg,
disertai adanya perasaan tertentu, dan memberikan dasar kepada orang tersebut
untuk membawa respons atau perilaku dalam cara tertentu”
Nana
Saodih (2003 :hal.276) juga berpendapat :
”sikap
ialah suatu kecenderungan tingkah laku seseorang individu terhadap sesuatu
objek”
Perwujudan sikap dapat terjadi dimana saja yang dilandasi
minat seseorang terhadap sesuatu objek. Adapun sikap siswa terhadap bidang
studi TIK dapat ditunjukkan :
1. Pada
saat PBM
·
Kehadiran
·
Memperhatikan saat Guru menerangkan
·
Bertanya pada Guru
·
Menaggapi pertanyaan teman
·
Mengemukakan pendapat
·
Mengerjakan latihan/tugas
2.
Diluar PBM
·
Mengikuti kursus komputer
·
Membeli/berlangganan majalah komputer
·
Belajar kelompok dengan teman
·
Memenfaatkan internet
·
Mengulang pelajaran dirumah
·
Meminjam buku di perputakaan
C. Kaitan
Sikap dan Hasil Belajar
Manifestasi sikap terhadap
pencapaian prestasi belajar dapat dilihat dari kadar perasaan senang atau tidak
senang, aktivitas yang ditampilkan mengarah kepada cara belajar siswa aktif
seperti bertanya, menanggapi, mengemukakan pendapat atau gagasan, mengerjakan
soal, berdiskusi dan lain sebagainya. Selain itu dapat dilihat dari usaha siswa
untuk belajar mandiri dengan membaca buku-buku yang berkaitan dengan TIK,
mengulang latihan serupa, dan melalui kursus komputer.
Bertitik tolak dari uraian diatas
dapat disimpulkan bahwa usaha pencapaian prestasi belajar siswa dapat dilihat
dari sikap seseorang terhadap sesuatu. Sikap itu timbul karena ada sangkut
pautnya dengan diri dan kebutuhannya, sehingga ia akan berusaha untuk memenuhi
kebutuhan tersebut.
D. Kerangka
Konseptual
Sikap siswa dianggap sebagai salah satu faktor yang turut
mendukung dalam pencapaian prestasi belajar dan keberhasilan siswa dalam
belajar pada bidang studi TIK. Sikap siswa di dalam proses belajar mengajar dan
di luar proses belajar mengajar mengambarkan hubungan yang erat dan harus
dimiliki siswa dalam pencapaian prestasi belajar pada bidang studi TIK. Skema
kerangka konseptual penelitian ini dapat digambarkan sebagai berikut :
E. Hipotesis
Dengan memperhatikan latar belakang,
perumusan masalah dan kerangka konseptual, maka penulis menyatakan hipotesis
sebagai jawaban sementara dari penelitian ini, yaitu ”Pencapaian prestasi
belajar yang ditandai dengan hasil belajar TIK tergantung pada sikap siswa
terhadap bidang studi TIK”
BAB III
METODE PENELITIAN
A. Jenis
Penelitian
Berdasarkan permasalahan, pembatasan
masalah dan tujuan penelitian sebagaimana diungkapkan sebelumnya, maka
penelitian ini tergolong pada penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif
karena mengungkapkan suatu masalah dari keadaan sebagaimana adanya berdasarkan
fakta yang diperoleh. Sehubungan dengan itu Nasution (2000 : 6) menyatakan
bahwa :
”Penelitian deskriptif mengemukakan fenomena
sebagaimana adanya sesuai dengan penampilannya, sesuai dengan kerangka acuan
penelitian”
B. Populasi
dan Sampel
1. Populasi
Populasi pada penelitian ini adalah
seluruh siswa di SMU PERTIWI I Air Tawar Barat yang terdaftar pada tahun
2005/2006 yang berjumlah 315 orang.
2. Sampel
Mengingat banyaknya populasi dalam
penelitian ini maka perlu pengambilan sampel yang representatif. Disamping itu
siswa kelas III juga tidak bisa diganggu kegiatan belajar mengajar, maka
penelitian ini dilakukan tidak untuk semua siswa SMU PERTIWI I Air Tawar Barat,
tetapi dipilih beberapa orang siswa kelas I dan II untuk dijadikan sampel.
Jumlah sampel keseluruhan yaitu 120
orang dari 212 orang jumlah kelas I dan II. Hal ini sesuai dengan pendapat yang
dikemukakan oleh Arikunto (1993 : 107)
bahwa :
”Untuk sekedar ancer-ancer maka apabila subjeknya kurang
dari 100 lebih baik diambil semuanya sehingga penelitiannya merupakan populasi.
Apabila lebih dari 100 maka bisa diambil sampel 10-15%, 20-25%, 30-35% dan
seterusnya.”
Tabel
2 : Populasi dan Sampel penelitian
No
|
Kelas
|
Populasi
|
Sampel
|
1
|
I
|
105
|
60
|
2
|
II
|
107
|
60
|
3
|
II
|
103
|
-
|
Jumlah
|
315
|
120
|
C.
Jenis
dan Sumber Data
Data
yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer, yakni data yang
diperoleh langsung dari responden dengan menggunakan angket yaitu data yang
berhubungan dengan sikap siswa dalam mencapai prestasi belajar pada bidang
studi TIK, dan diobservasi serta dicatat langsung. Sumber data ialah siswa kelas I dan II SMU PERTIWI I Air
Tawar Barat.
D. Teknik
dan Alat Pengumpul Data
Sesuai dengan data yang diperlukan
dalam penelitian inin teknik yang digunakan adalah :
1. Angket
Angket yaitu berupa daftar pertanyaan
yang digunakan untuk memperoleh data dari siswa tentang sikapnya dalam mencapai
prestasi belajar pada bidang studi TIK. Pada
angket sikap siswa terhadap bidang studi TIK, dibagikan kepada 120 orang siswa
yang terdiri dari 60 orang kelas I dan 60 orang kelas II.
2. Observasi
Observasi melakukan pengamatan langsung dengan
menggunakan panduan observasi untuk memperoleh data tentang kelengkapan
laboratorium Komputer.
E. Teknik
Analisis Data
Setelah semua data yang diperlukan
diperoleh, maka selanjutnya diolah dan dilakaukan analisis data, data hasil
analisis diinterprestasikan. Sesuai dengan tujuan dan pertanyaan penelitian,
data dianalisis dengan teknik presentase dan dijabarkan secara deskriptif
seperti dibawah ini :
P = f
x 100%
N
Dimana
:
P :
Presentase jawaban
f :
Frekuensi
N : Jumlah
responden
100 :
Presentase keseluruhan
BAB IV
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Sikap siswa dalam pencapaian prestasi belajar pada bidang studi TIK di SMU
PERTIWI I Air Tawar Barat sangat bervariasi, sikap itu timbul karena ada
sangkut pautnya dengan diri dan kebutuhannya, sehingga ia akan berusaha untuk
memenuhi kebutuhan tersebut sebagaimana yang dibahas sebelumnya dalam
pencapaian prestasi belajar.
Peran pendidik dalam menyikapi hal tertsebut
sangat penting, sehingga kompetensi dasar yang diharapkan dapat tercapai dengan
baik. Sikap siswa dalam pembeljaran TIK bisa diarahkan dengan menambah
tugas-tugas yang menarik, dan tentunya dengan jam pelajaran yang sesuai.
B. SARAN
Dari hasil kesimpulan diatas, maka
penulis memberikan saran yang dapat dipertimbangkan, antara lain :
1.
Kepada
Guru bidang studi TIK agar dapat memberikan metode yang lebih bervariatif,
sehingga sikap positif siswa dalam PBM dapat dipertahankan
2.
Guru
hendaknya bisa memberi jam tambahan dalam praktek aplikasi komputer, mengingat
jam yang tersedia tidak mencukupi.
3.
Siswa
hendaknya lebih aktif lagi dalam mencari tempat belajar diluar sekolah, baik
dengan belajar kelompok maupun mengikuti kursus komputer.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. (1993). Prosedur Penelitian. Yogyakarta : Rineka
Cipta.
Hamalik, Oemar. (1990). Metode Mengajar dan Kesulitan-kesulitan
Belajar. Bandung : Tarsito.
Miarso, Yusufhadi. (1984). Media Pembelajaran. Jakarta : CV.
Rajawali Pers.
Saodih S, Nana. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan.
Bandung : Rosdakarya.
Slameto. (1991). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Bina Aksara
Walgito, Bimo. 1978. Psikologi Sosial. Jakarta : Rineka
Cipta.
No comments:
Post a Comment