Wednesday, May 15, 2013

Contoh Proposal


BAB I
PENDAHULUAN
       A.    Latar Belakang
            Belajar adalah suatu proses yang menimbulkan terjadinya suatu perubahan atau pembaharuan dalam tingkah laku. Sampai dimana perubahan itu dapat dicapai atau dengan kata lain belajar dapat berhasil dengan baik atau tidak tergantung kepada bermacam-macam faktor. (Ruswanto 1991 : 102). Adapun faktor yang mempengaruhi belajar itu dapat dibedakan menjadi dua golongan :
  1. Faktor yang berada pada diri orgasme yang disebut dengan faktor Individual.
Yang termasuk kedalam faktor individual tersebut antara lain : faktor kematangan/pertumbuhan, kecerdasan, latihan, motivasi dan faktor pribadi.
  1. Faktor yang berasal dari luar individu yang disebut dengan faktor Sosial.
Yang termasuk dalam faktor sosial adalah : keadaan kelurga/rumah tangga, guru, metoda mengajarnya, alat-alat yang digunakan dalam mengajar, lingkungan, kesempatan yang tersedia, dan motivasi sosial.
            Untuk mencapai hasil belajar yang baik, diperlukan danya sikap yang baik dari individu sebagaimana tiga prinsip/hukum  dalam belajar. (Thorndike melalui Nana Saodih 2003 hal.169). Adapun tiga prinsip/hukum dalam belajar tersebut antara lain :
  1. Belajar akan sukses bila peserta didik siap (law of readiness)
  2. Belajar akan sukses bila banyak diulang (law of exercise)
  3. Belajar akan sukses bila peserta didik tahu dan mendapatkan hasil yang baik (law of effect)
            Bidang studi TIK adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di SMU PERTIWI I AIR TAWAR BARAT. Sebagai salah satu bidang yang menuntut adanya aplikasi sebagai hasil/kompetensi dasar yang diharapkan pada Kurikulum 2004, perlu adanya suatu usaha dan kesadaran siswa untuk terus berlatih dan mengulang dalam mengaplikasikan komputer, mengingat waktu yang tersedia dalam proses pembelajaran hanya dua jam pelajaran.
            Bertolak dari fakta diatas maka penulis tertarik melakukan penelitian ini, untuk melihat sejauh mana sikap belajar siswa dalam mencapai prestasi belajar pada bidang studi TIK.
      B.     Rumusan Masalah
            Belajar merupakan suatu proses perubahan yang membutuhkan usaha yang komplek dan melibatkan banyak aspek, baik aspek individu, lingkungan, sarana dan prasarana belajar. Hasil dari proses belajar dalam sitim sekolah disebut dengan hasil belajar. Untuk menghasilkan kualitas hasil belajar yang optimal, perlu diketahui sejauh mana sikap siswa dalam mencapai prestasi belajar baik disekolah maupun diluar sekolah.
            Mengingat banyaknya aspek yang mempengaruhi hasil belajar siswa, diantaranya : minat belajar, motivasi belajar, konsep diri, sarana dan prasarana, intelegensi. Maka dalam hal ini untuk meneliti aspek-aspek tersebut secara keseluruhan merupakan hal yang tidak mungkin penulis lakukan saat ini mengingat waktu yang tersedia sangat terbatas. Oleh karena itu penelitian ini dibatasi pada masalah sikap siswa terhadap pencapaian prestasi belajar pada bidang studi TIK.
            Berdasarkan latar belakang dan pembatasan masalah diatas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sejauh mana sikap siswa dalam mencapai prestasi belajar pada bidang studi TIK di SMU PERTIWI I Air Tawar Barat.

      C.    Pertanyaan Penelitian
Pertanyaan penelitian dala penelitian ini dapat dilihat sebagai berikut :
Tabel 1 : Pertanyaan Penelitian
No
Pertanyaan Penelitian
Selalu
Sering
Jarang
Tidak pernah
f
%
f
%
f
%
f
%
1
2
3
4
5
6
7
8
8
10

Sikap dalam PBM








1
Kehadiran








2
Memperhatikan saat Guru menerangkan








3
Bertanya pada Guru








4
Menaggapi pertanyaan teman








5
Berdiskusi








6
Mengerjakan latihan/tugas









Sikap diluar PBM








1
Mengikuti kursus komputer








2
Membeli/berlangganan majalah komputer








3
Meminjam buku di perputakaan








4
Memenfaatkan internet








5
Mengulang pelajaran dirumah








6
Belajar kelompok dengan teman









      D.    Tujuan Penelitian
            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana sikap siswa dalam mencapai prestasi belajar pada bidang studi TIK di SMU PERTIWI I Air Tawar Barat, baik didalam proses belajar mengajar maupun diluar sekolah.


       E.     Manfaat Penelitian
            Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi berbagai pihak sebagai masukan untuk dikaji kebenarannya dan dapat dipakai sebagai bahan masukan bagi penelitian yang terkait diantaranya :
1.      Bagi peneliti sendiri berguna asebagai pedoman dalam membimbing peserta didik nantinya.
2.      Bahan masukan bagi guru bidang studi TIK agar dapat menumbuhkan dan mengembangkan minat siswa pada TIK
3.      Informasi bagi sekolah tentang pentingnya faktor sikap pada bidang studi TIK terhadap pencapaian hasil belajar TIK



BAB II
KAJIAN TEORI
       A.    Hasil Belajar
            Prestasi belajar ditandai dengan adanya hasil belajar sebagai hasil pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungan. Belajar merupakan suatu usaha yang komplek yang dilakukan individu untuk mencapai suatu perubahan seperti yang dinyatakan Slameto (1991 : hal.2) :
      Belajar ialah suatu proses yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungan.”
            Perubahan yang terjadi dalam diri seseorang banyak sekali baik sifat maupun jenisnya karena itu sudah tentu setiap perubahan dalam diri seseorang merupakan perubanahan dalam arti belajar, jika demikian ciri-ciri perubahan tingkah laku dsalam pengertian belajar adalah :
a.       Perubahan terjadi secara sadar
b.      Perubahan dalam belajar bersifat kontinu dan fungsional
c.       Perubahan dalam belajar bersifat positif dan aktif
d.      Perubahan dalam belajar bukan bersifat sementara
e.       Perubahan dalam belajar bertujuan atau terarah
f.       Perubahan mencakup seluruh aspek tingkah laku
            Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa belajar merupakan proses yang menyebabkan terjadinya perubahan tingkah laku yang bersifat tetap pada individu yang melakukan, perubahan tingkah laku ini dikemukakan oleh Oemar Hamalik (1983 : hal.21)
bahwa :
     ’Hasil belajar adalah tingkah laku yang timbul dari tidak tahu menjadi tahu, timbulnya pengertian baru, perubahan dalam sikap dan kebiasaan, keterampilan, menghargai perkembangan sifat-sifat sosial, emosional dan pertumbuhan jasmani”
      B.     Sikap
Bimo Walgito (1978) menyatakan bahwa sikap ialah :
      Organisasi pendapat, keyakinan seseorang mengenai objek atau situasi yang relatif ajeg, disertai adanya perasaan tertentu, dan memberikan dasar kepada orang tersebut untuk membawa respons atau perilaku dalam cara tertentu”
Nana Saodih (2003 :hal.276) juga berpendapat :
      sikap ialah suatu kecenderungan tingkah laku seseorang individu terhadap sesuatu objek”
            Perwujudan sikap dapat terjadi dimana saja yang dilandasi minat seseorang terhadap sesuatu objek. Adapun sikap siswa terhadap bidang studi TIK dapat ditunjukkan :
     1.      Pada saat PBM
·         Kehadiran
·         Memperhatikan saat Guru menerangkan
·         Bertanya pada Guru
·         Menaggapi pertanyaan teman
·         Mengemukakan pendapat
·         Mengerjakan latihan/tugas


      2.      Diluar PBM  
·         Mengikuti kursus komputer
·         Membeli/berlangganan majalah komputer
·         Belajar kelompok dengan teman
·         Memenfaatkan internet
·         Mengulang pelajaran dirumah
·         Meminjam buku di perputakaan
       C.    Kaitan Sikap dan Hasil Belajar
            Manifestasi sikap terhadap pencapaian prestasi belajar dapat dilihat dari kadar perasaan senang atau tidak senang, aktivitas yang ditampilkan mengarah kepada cara belajar siswa aktif seperti bertanya, menanggapi, mengemukakan pendapat atau gagasan, mengerjakan soal, berdiskusi dan lain sebagainya. Selain itu dapat dilihat dari usaha siswa untuk belajar mandiri dengan membaca buku-buku yang berkaitan dengan TIK, mengulang latihan serupa, dan melalui kursus komputer.
            Bertitik tolak dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa usaha pencapaian prestasi belajar siswa dapat dilihat dari sikap seseorang terhadap sesuatu. Sikap itu timbul karena ada sangkut pautnya dengan diri dan kebutuhannya, sehingga ia akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
      D.    Kerangka Konseptual
            Sikap siswa dianggap sebagai salah satu faktor yang turut mendukung dalam pencapaian prestasi belajar dan keberhasilan siswa dalam belajar pada bidang studi TIK. Sikap siswa di dalam proses belajar mengajar dan di luar proses belajar mengajar mengambarkan hubungan yang erat dan harus dimiliki siswa dalam pencapaian prestasi belajar pada bidang studi TIK. Skema kerangka konseptual penelitian ini dapat digambarkan sebagai berikut :
       E.     Hipotesis
            Dengan memperhatikan latar belakang, perumusan masalah dan kerangka konseptual, maka penulis menyatakan hipotesis sebagai jawaban sementara dari penelitian ini, yaitu ”Pencapaian prestasi belajar yang ditandai dengan hasil belajar TIK tergantung pada sikap siswa terhadap bidang studi TIK” 


BAB III
METODE PENELITIAN
        A.    Jenis Penelitian
            Berdasarkan permasalahan, pembatasan masalah dan tujuan penelitian sebagaimana diungkapkan sebelumnya, maka penelitian ini tergolong pada penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif karena mengungkapkan suatu masalah dari keadaan sebagaimana adanya berdasarkan fakta yang diperoleh. Sehubungan dengan itu Nasution (2000 : 6) menyatakan bahwa :
Penelitian deskriptif mengemukakan fenomena sebagaimana adanya sesuai dengan penampilannya, sesuai dengan kerangka acuan penelitian”
       B.     Populasi dan Sampel
1.      Populasi
            Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa di SMU PERTIWI I Air Tawar Barat yang terdaftar pada tahun 2005/2006 yang berjumlah 315 orang.
2.      Sampel
            Mengingat banyaknya populasi dalam penelitian ini maka perlu pengambilan sampel yang representatif. Disamping itu siswa kelas III juga tidak bisa diganggu kegiatan belajar mengajar, maka penelitian ini dilakukan tidak untuk semua siswa SMU PERTIWI I Air Tawar Barat, tetapi dipilih beberapa orang siswa kelas I dan II untuk dijadikan sampel.
            Jumlah sampel keseluruhan yaitu 120 orang dari 212 orang jumlah kelas I dan II. Hal ini sesuai dengan pendapat yang dikemukakan  oleh Arikunto (1993 : 107) bahwa :
”Untuk sekedar ancer-ancer maka apabila subjeknya kurang dari 100 lebih baik diambil semuanya sehingga penelitiannya merupakan populasi. Apabila lebih dari 100 maka bisa diambil sampel 10-15%, 20-25%, 30-35% dan seterusnya.”
Tabel 2 : Populasi dan Sampel penelitian

No
Kelas
Populasi
Sampel
1
I
105
60
2
II
107
60
3
II
103
 -
Jumlah
315
120

      C.    Jenis dan Sumber Data
            Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer, yakni data yang diperoleh langsung dari responden dengan menggunakan angket yaitu data yang berhubungan dengan sikap siswa dalam mencapai prestasi belajar pada bidang studi TIK, dan diobservasi serta dicatat langsung. Sumber data ialah siswa kelas I dan II SMU PERTIWI I Air Tawar Barat.
      D.    Teknik dan Alat Pengumpul Data
            Sesuai dengan data yang diperlukan dalam penelitian inin teknik yang digunakan adalah :
1.      Angket
            Angket yaitu berupa daftar pertanyaan yang digunakan untuk memperoleh data dari siswa tentang sikapnya dalam mencapai prestasi belajar pada bidang studi TIK. Pada angket sikap siswa terhadap bidang studi TIK, dibagikan kepada 120 orang siswa yang terdiri dari 60 orang kelas I dan 60 orang kelas II.


2.      Observasi
            Observasi melakukan pengamatan langsung dengan menggunakan panduan observasi untuk memperoleh data tentang kelengkapan laboratorium Komputer.
       E.     Teknik Analisis Data
            Setelah semua data yang diperlukan diperoleh, maka selanjutnya diolah dan dilakaukan analisis data, data hasil analisis diinterprestasikan. Sesuai dengan tujuan dan pertanyaan penelitian, data dianalisis dengan teknik presentase dan dijabarkan secara deskriptif seperti dibawah ini :
                        P =   f       x 100%
                                N
Dimana :
P          : Presentase jawaban
f           : Frekuensi
N         : Jumlah responden
100      : Presentase keseluruhan


BAB IV
PENUTUP

       A.    KESIMPULAN
             Sikap siswa dalam pencapaian prestasi belajar pada bidang studi TIK di SMU PERTIWI I Air Tawar Barat sangat bervariasi, sikap itu timbul karena ada sangkut pautnya dengan diri dan kebutuhannya, sehingga ia akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut sebagaimana yang dibahas sebelumnya dalam pencapaian prestasi belajar.
            Peran pendidik dalam menyikapi hal tertsebut sangat penting, sehingga kompetensi dasar yang diharapkan dapat tercapai dengan baik. Sikap siswa dalam pembeljaran TIK bisa diarahkan dengan menambah tugas-tugas yang menarik, dan tentunya dengan jam pelajaran yang sesuai.
       B.     SARAN
            Dari hasil kesimpulan diatas, maka penulis memberikan saran yang dapat dipertimbangkan, antara lain :
1.      Kepada Guru bidang studi TIK agar dapat memberikan metode yang lebih bervariatif, sehingga sikap positif siswa dalam PBM dapat dipertahankan
2.      Guru hendaknya bisa memberi jam tambahan dalam praktek aplikasi komputer, mengingat jam yang tersedia tidak mencukupi.
3.      Siswa hendaknya lebih aktif lagi dalam mencari tempat belajar diluar sekolah, baik dengan belajar kelompok maupun mengikuti kursus komputer.


DAFTAR PUSTAKA

            Arikunto, Suharsimi. (1993). Prosedur Penelitian. Yogyakarta : Rineka Cipta.
            Hamalik, Oemar. (1990). Metode Mengajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung :                             Tarsito.
            Miarso, Yusufhadi. (1984). Media Pembelajaran. Jakarta : CV. Rajawali Pers.
            Saodih S, Nana. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : Rosdakarya.
            Slameto. (1991). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Bina                                    Aksara
            Walgito, Bimo. 1978. Psikologi Sosial. Jakarta : Rineka Cipta.


No comments:

Post a Comment