Tuesday, October 1, 2013

contoh rencana pelaksanaan pembelajaran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
:
SMPN 1 Batusangkar
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester
:
IX (Sembilan) / 2 (dua)
Standar Kompetensi
:
Memahami dasar – dasar penggunaan Internet/internet
Kompetensi Dasar
:
2.2.   Mengidentifikasi beberapa layanan informasi yang ada di internet
Indikator
:
1.      Mendeskripsikan manfaat layanan internet
2.      Mengidentifikasi manfaat layanan yang ada di internet
3.  
Alokasi Waktu
:
2 x 10 menit
  1. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
·     Dengan menggunakan layanan internet peserta didik dapat mengidentifikasi manfaat layanan internet
·     Dengan menggunakan layanan internet  peserta didik dapat mengetahui manfaat layanan internet
·     Dengan menggunakan layanan internet peserta didik dapat menggunakan layanan mozilla firefox sebagai aplikasi  
  1. Materi Pembelajaran
·     Layanan internet
  1. Metode Pembelajaran
Pendekatan       : Contekstual Teaching Learning (CTL)
Metode             :  Tanya jawab, Demonstrasi

  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
                Eksplorasi                      
1.       Guru menjelaskan materi kepada siswa
2.       Peserta didik mengamati tampilan yang ditayangkan guru pada slide
Elaborasi
                1.      Siswa mendengarkan penjelasan materi dari guru
                2.      Peserta didik mempraktekkan menggunakan layanan internet
Konfirmasi
Menyimpulkan dan Menjelaskan tentang hal-hal yang sudah dipelajari
Kegiatan penutup
1.       Siswa Menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
2.       Menarik kesimpulan tentang manfaat layanan internet
  1. Sumber Belajar
Komputer,  buku paket, koneksi internet.
  1. Penilaian
1. Teknik
            Tes Unjuk Kerja
            Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen
            Uji Prosedur
            Uraian
            Mengetahui :
      Kepala Sekolah                                                                                    Guru TIK


UDIN SEDUNIA, S.Pd                                                        RESKI JONNEDI, S.Pd

No comments:

Post a Comment